PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PADA SISWA-SISWI SDN GONDANGLEGI WETAN 02 DESA GONDANGLEGI WETAN KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. (Sulistyo Basuki, 1993 : h. 50-51). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, disebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional.
Buku perpustakaan sekolah adalah semua buku yang merupakan koleksi perpustakaan baik buku bacaan buku sumber maupun buku pelajaran. Semua buku yang ada di perpustakaan sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu buku perpustakaan harus dapat dipertanggung jawabkan baik segi kebenaran materi, keamanan,bahasa,penyajian perwajahan dan tata karma penulisannya. Untuk bisa mempertanggung jawabkan semua itu buku hendaknya dikelola dengan baik.jumlah koleksi yang memenuhi persyaratan tidak akan berarti tanpa adanya pengelolaan yang baik dan sistematis
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas pada
program ini adalah :
1. Bagaimana cara mengolah buku yang masuk perpustakaan ?
2. Bagaimana memberikan pelayanan kepada pemakai perpustakaan ?
3. Bagaimana memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran?
3. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut adapun tujuan pembuatan program
ini adalah :
1. mengetahui cara mengolah buku yang masuk ke perpustakaan.
2. mengetahui cara memberikan pelayanan kepada perpustakaan.
3. mengetahui cara memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran.
B. PELAKSANAAN PROGRAM
1. Sasaran/ Peserta
Sasaran peserta program pemanfaatan perpustakaan di SDN Gondanglegi Wetan 2 yaitu, siswa-siswi, guru, dan karyawan SDN Gondanglegi Wetan 2.
2. Lokasi
Lokasi SDN Gondanglegi Wetan 2 yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk No.56 Desa Gondanglegi Wetan, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.
3. Strategi Pelaksanaan
Strategi pelaksanaan program pemanfaatan perpustakaan ini, antara lain:
1) Koordinasi bersama tim KKN UM
2) Koordinasi dengan Kepala Sekolah SDN Gondanglegi Wetan 2
3) Koordinasi dengan salah satu guru yang pernah mengelola perpustakan di SDN Gondanglegi Wetan 2
4) Observasi ke SDN Gondanglegi Wetan 2
5) Sosialisasi program pemanfaatan perpustakaan kepada pihak sekolah yang bersangkutan bersama program perpustakaan yang lain
6) Persiapan pemanfaatan ruang perpustakaan yang telah diklasifikasikan buku menurut jenisnya, yang terdiri dari buku fiksi, non-fiksi, pelajaran, dan biografi.
7) Pemberian informasi tentang cara pemanfaatan perpustakaan yang sistematis kepada kelompok sasaran program ini
8) Pelaksanaan program pemanfaatan perpustakaan
9) Evaluasi program pemanfaatan perpustakaan
4. Organisasi Pelaksana
Ketua Pelaksana : Asisul Khoirot
Anggota : Siwi Khasanah
Riza Umami
Gita Septyana
Media Lestika Sari
5. Dana dan Sumber Dana
Pemasukan
Ø LPM Universitas Negeri Malang =Rp 35.000
Ø Mahasiswa KKN =Rp 20.100
Rp 55.100
Pengeluaran
Ø Buku daftar hadir tamu = Rp15.000
Ø Buku sirkulasi peminjaman = Rp15.000
Ø Buku katalog = Rp15.000
Ø Sampul kertas 3 lembar @Rp700 =Rp 2.100
Ø Sampul plastik =Rp 6.000
Ø Print slogan dll = Rp2.000
Rp 55.100
6. Jadwal Kegiatan
No | Hari/tanggal | Kegiatan | Keterangan/hasil |
1. | Senin, 21 Juni 2010 | Rapat koordinasi | Menyusun proposal program pemanfaatan perpustakaan SDN Gondanglegi Wetan 2 |
2. | Selasa, 22 Juni 2010 | Koordinasi dengan Kepala SDN Gondanglegi Wetan 2 | Mendapatkan gambaran umum tentang SDN Gondanglegi Wetan 2 |
Koordinasi dengan salah satu guru yang mengelola Perpustakaan di SDN Gondanglegi Wetan 2 | Mendapatkan informasi tentang perpustakaan yang ada di SDN Gondanglegi Wetan 2 | ||
4. | Rabu, 23 Juni 2010 | Observasi ke SDN Gondanglegi Wetan 2, khususnya kondisi di dalam perpustakaan | Mendapatkan informasi tentang kondisi perpustakaan yang ada di SDN Gondanglegi Wetan 2 serta kemungkinan penataan ruang perpustakaan |
Diskusi untuk merevisi proposal program pemanfaatan perpustakaan di SDN Gondanglegi Wetan 2 | Proposal program pemanfaatan perpustakaan di SDN Gondanglegi Wetan 2 telah direvisi | ||
6. | 24 Juni-10 Juli 2010 | Persiapan pemanfaatan perpustakaan | Perpustakaan dipersiapkan dengan rapi |
7. | Minggu, 11 Juli 2010 | Pemberian informasi kepada pihak sasaran program pemanfaatan perpustakaan yang sistematis | Informasi telah diberikan kepada pihak guru SDN Gondanglegi Wetan 2 |
8. | 12-17 Juli 2010 | Monitoring pelaksanaan pemanfaatan perpustakaan | Terjadi peningkatan minat siswa untuk membaca serta layanan petugas yang semakin baik |
9. | Minggu, 18 Juli 2009 | Evaluasi pelaksanaan pemanfaatan perpustakaan | pelaksanaan pemanfaatan perpustakaan telah mencapai hasil cukup maksimal |
C. HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
1. Pencapaian Hasil
Dalam pencapaian hasil telah dicapai 95% yang dilakukan dengan cara memberikan aturan atau tata cara yang mudah dipahami dalam pelaksanaan atau prosedur dalam melakukan pinjam meminjam buku yang terdapat di SDN Gondanglegi Wetan 2 melalui pembuatan buku sirkulasi peminjaman di perpustakaan. Pelaksanakan program dilakukan secara bertahap, selain itu petugas juga akan memberikan sanksi/ denda yang dikenakan apabila melanggar aturan / tata cara yang telah ada (peminjaman, pengembalian, dll). Denda apabila telat mengembalikan pinjaman @ buku = Rp 100,- serta memberikan pengarahan kepada pihak sekolah yang berwenang dalam memberikan pelayanan kepada pemakai perpustakaan.
Hasil pencapaian program pemanfaatan perpustakaan telah dilakukan monitoring secara bertahap dan mencapai hasil yang cukup maksimal. Hal ini dapat dilihat dari gambar grafik di bawah ini:
Secara kualitatif, program pemanfaatan perpustakaan ini telah mendapat hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana program yang telah disiapkan dengan matang. Hal itu dikarenakan adanya informasi, bantuan, dan koordinasi yang baik dengan tim KKN, guru-guru, serta siswa-siswi SDN Gondanglegi Wetan 2. Hasil yang telah dicapai berupa pihak sekolah yang bertugas sebagai petugas perpustakaan menjadi:
1. mengetahui cara mengolah buku yang masuk ke perpustakaan.
2. mengetahui cara memberikan pelayanan kepada perpustakaan.
3. mengetahui cara memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran.
Harapan dari program pemanfaatan perpustakaan ini adalah siswa dapat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah pengetahuan dan memperlancar kegiatan belajar pembelajaran serta pihak guru yang selalu memberikan layanan dan perhatian untuk siswa-siswi SDN Gondanglegi Wetan 2.
2. Faktor Pendukung
a. Pihak sekolah SDN Gondanglegi Wetan 2 yang mendukung kegiatan mahasiswa KKN
b. Antusias dan keaktifan siswa-siswi SDN Gondanglegi Wetan 2 yang mengikuti program pemanfaatan perpustakaan meliputi peminjaman dan pengembalian buku, dan pengisian buku tamu
c. Rekan-rekan tim KKN SDN Gondanglegi Wetan 2 yang ikut membantu dan bekerjasama dalam penyelesaian program pemanfaatan perpustakaan.
3. Faktor Penghambat
Perpustakaan dibuka pada waktu yang tak tentu, tergantung dari petugas yang bersangkutan. Selain itu pihak sekolah juga kurang perhatian untuk menjadi petugas perpustakaan secara rutin, sehingga siswa menjadi terhambat untuk meminjam ataupun membaca buku di perpustakaan.
D. PENUTUP
1. Kesimpulan
Kegiatan dari program pemanfaatan perpustakaan dilaksanakan setelah program pengelompokan, pelabelan, lidah buku dan kartu anggota selesai. Dalam pelaksanaannya perpustakaan harus digunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu perlu partisipasi dari semua pihak sekolah khususnya oleh siswa SDN Gondanglegi wetan 2 itu sendiri. Memberikan bimbingan mengenai arti pentingnya suatu perpustakaan bagi siswa dan guru. Sehingga setelah pelaksanaan program pihak sekolah terutama guru dapat:
1. mengetahui cara mengolah buku yang masuk ke perpustakaan.
2. mengetahui cara memberikan pelayanan kepada perpustakaan.
3. mengetahui cara memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran.
2. Saran
Dibutuhkannya penanggung jawab atau pengurus perpustakaan tetap dari pihak sekolah untuk dapat melanjutkan program ini sehingga program pemanfaatan buku perpustakaan dapat difungsikan dan berjalan dengan baik.
E. LAMPIRAN
1. Foto Kegiatan
Para siswa antusias membaca di perpustakaan
Mahasiswa KKN sedang melayani
sirkulasi peminjaman di perpustakaan
Siswa- siswi sedang membaca di perpustakaan sekolah pada waktu jam kosong, setelah olahraga dan jam istirahat
2. Peraturan Peminjaman Buku Perpustakaan
PERATURAN PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN
SDN GONDANGLEGI WETAN 2
Kecamatan Gondanglegi Kab Malang Jl. Raya Hayam Wuruk No. 56
a. Batas peminjaman buku maksimal 3 buku
b. Peminjam harus mengisi biodata di buku peminjaman
c. Buku tidak boleh keluar dari ruang perpustakaan
d. Pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam perpustakaan
e. Pengunjung tidak boleh membuat gaduh di dalam perpustakaan.
f. Pengunjung harus menaati tata tertib perpustakaan SDN Gondanglegi Wetan 2.
3. Buku Sirkulasi Peminjaman Buku Perpustakaan
No. | Nama | Kelas | No. Buku | Judul buku | Tanggal pinjam | Tanggal kembali | ttd petugas |
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 | |||||||
5 | |||||||
6 | |||||||
7 | |||||||
8 | |||||||
9 |
4. Daftar Tamu
No. | Hari/Tanggal | Nama | Keperluan | ttd petugas |
1 | ||||
2 | ||||
3 | ||||
4 | ||||
5 | ||||
6 | ||||
7 | ||||
8 | ||||
9 | ||||
10 | ||||
Dst.. |
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PADA SISWA-SISWI
SDN GONDANGLEGI WETAN 02 DESA GONDANGLEGI WETAN
KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG
LAPORAN PROGRAM INDIVIDU
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang
Semester Pendek 2010/2011
SDN Gondanglegi Wetan 02 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Penanggung Jawab
ASISUL KHOIROT 207331408084
FMIPA/ Kimia
The learning University
PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar